Jumat, 07 Oktober 2011

Pengertian Ilmu alamiah dasar




NAMA           : TIKA AGUSTIN MUJAYATI
NPM              : 47211113
KELAS         : 1DA02




Pengertian Ilmu Alamiah Dasar



Ilmu alamiah dasar atau sering disebut ilmu pengetahuan alam. Disini saya akan sedikit membahas definisi ilmu, menurut saya ilmu adalah sesuatu pengetahuan yang menjelaskan, memaparkan, dan menerangkan tentang segala macam gejala-gejala alam yang ada di alam semesta ini. Sedangkan menurut sumber yang sudah saya baca Ilmu adalah kegiatan intelektual tentang dunia fisik untuk menemukan penjelasan umum tentang gejala-gejala dan hubungan yang terjadi secara alamiah . Jadi Ilmu alamiah dasar (IAD) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala alam yang terjadi di alam semesta ini, termasuk di muka bumi ini.
Menurut sumber lain ada yang mendefinisikan Ilmualamiah dasar yaitu pengetahuan dasar manusia dalam mempelajari alam semesta secara universal. Ilmu alamiah dasar dapat juga dikatakan sebagai konsep dasar terbentuknya ilmu pengetahuan alam dan semua turunannya, seperti Biologi, Fisika, dan Kimia. Ilmu alamiah dasar yaitu ilmu yang bersifat relatif dan dapat berubah sesuai dengan kemajuan zaman.  IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

A.    Manusia
 Adalah mahluk sosial dimana kita sesama      manusia saling membantu, memberi kepada manusia lain atau saudara-saudaranya. Manusia di ciptakan oleh Allah swt. Adalah paling sempurna dibandingkan dengan mahluk lainnya, termasuk diantaranya malaikat, jin, iblis, dan binatang. Namun dengan akal budinya serta kemauan dan perkembangan teknologi manusia bisa mengetahui bagaimana ilmu alamiah terjadi, atau bisa juga manusia membuat ilmu-ilmu lain yang pastinya bermanfaat untuk semua mahluk hidup di muka bumi ini dan bisa hidup lebih baik lagi.
Manusia adalah sebaik-baiknya umat yang telah di ciptakan oleh Tuhan yang maha Esa kita wajib mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan yang maha Esa. Karena dengan nikmat yang telah diberikan kita dapat berfikir yang mana perbuatan baik dan perbuatan yang buruk dari itu kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Sifat manusia di muka bumi ini tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah mereka miliki sekarang. Maka ketersediaan sumber daya aam di muka bumi ini yang terbatas tidak bersesuain dengan keinginan manusia yang tidak terbatas dan tidak pernah puas. Manusia mempunyai rasa ingin tahu yang cukup besar akan rahasia yang ada di alam semesta ini, mereka selalu mencoba mencari jawaban dengan pengamatan dan penggunaanpengalaman. Mungkin saja manusia akan mencari hal-hal baru yang ada di alam semesta ini sampai alam ini punah.

B.     Lahirnya Ilmu Alamiah
Pengalaman merupakan salah satunya alasan terbentuknya pengetahuan yakni kumpulan fakta-fakta yang pernah terjadi. Pada dasarnya ilmu alamiah lahir sudah ada sejak adanya kehidupan manusia di muka bumi ini. Tuhan menciptkan langit dan bumi beserta isinya, para ilmuan meneliti tentang langit dan bumi, mereka berpendapat bahwa bumi itu bulat. Menurut banyak orang sejak dilahirkan di muka bumi ini, manusia bersentuhan dengan alam. Persentuhan dengan alam menimbulkan pengalaman. Alam memberikan rangsangan kepada manusia melalui pancaindera. Jadi, pacaindera merupakan komunikasi antara alam dengan manusia yang membuahkan pengalaman.

C.     Keterbatasan Ilmu Alamiah
Ilmu alamiah sangat terbatasa oleh karena itu kita sebagai mahluk hidup yang tingga di alam semesta ini harus bisa memanfaatkan ilmu-ilmu alamiah yang sudah ada, jangan sampai kita menghabiskan apa yang sudah Tuhan ciptakan buat kehidupan mahluk hidup. Bidang ilmu alamiah yang menentukan ilmu alamiah adalah metode.
Tujuan ilmu alamiah adalah membentuk dan menggunakan teori, ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai sesuatu keputusan. Manusia yang menilai   yang yang di pakai baik atau buruk.
 Tujuan ilmu, ilmu alamiah ingin memperoleh kebenaran mengenai objeknya. Kebenaran yang sedalam-dalamnya yang hendak dicakup oleh ilmu, karena ilmuwan baru merasa puas jika ilmu yang diperolehnya sesuai dengan objek. 

D.    Pembagian Ilmu Pengetahuan
Pembagian ilmu pengetahuan terdiri atas IPA IPS dan ilmu bumi . Ilmu IPA yaitu ilmu yang mempelajari tenteng alam semesta, jagad raya, dan seluruh isinya. IPA juga terbagi atas Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan IPS yaitu ilmu yang membahas tentang hubungan antara mahluk sosial yang saling bantu membantu atau tolong menolong, karena mausia hidup didunia tidak bisa hidup dengan sendirinya. IPS terbagi atas psikologi, pendidikan, antropologi, etnologi, sejarah, ekonomi dan sosiologi.







                     Kaitannya Ilmu Alamiah Dasar dengan Ekonomi
Uang merupakan alat tukar dan alat pembayaran yang sah. pada masa-masa sebelumnya, pembayaran dilakukan dengan cara barter, yaitu barang ditukar dengan barang secara langsung.
Sejarah Uang
Pada jaman dahulu, jual beli dilakukan dengan sistem barter. Barter adalah perdagangan yang dilakukan dengan cara tukar menukar barang, setelah barter orang mulai menggunakan alat pembayaran yang disepakati antara kedua belah pihak.
Sebelum menggunakan uang, orang menggunakan barang yang tertentu sebagai alat pembayaran, misalnya kulit kerang, mutiara, batu permata, tembaga, emas, perak ,  manik-manik, dan gigi binatang.
Pada zaman modern uang digunakan sebagai alat pembayaran. dengan menggunakan uang, manusia berusaha memenuhi kebutuhannya.Manusia selalu tidak puas dengan apa yang mereka miliki, banyak manusia yang jika mempunyai uang mereka langsung membelanjakan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Jenis-Jenis Uang
Jenis-Jenis uang di bagi menjadi dua yaitu:
·         Uang kartal
Uang kartal adalah uang yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam kehidupan sehari-hari. Uang kartal berupa uang logam dan uang kertas, mata uang negara kita adalah Rupiah, uang pertama yang dibuat oleh Indonesia adalah Oeang Republik Indonesia.
Lembaga yang bertugas dan mengawasi peredaran uang rupiah adalah Bank Indonesia, sedangkan perusahaan yang mencetak uang rupiah adalah Perum Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia).
·         Uang Giral
Uang giral adalah surat berharga yang dapat diuangkan di bank atau dikantor pos. Contoh uang giral, cek, giro pos, wesel dan surat berharga.Uang giral biasanya digunakan untuk transaksi dengan nilai uang yang sangat besar.
Kegunaan uang ialah Uang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, alat penukar, alat penentu harga, dan dapat pula di tabung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar