Minggu, 06 April 2014

Laporan Keuangan Konsolidasi



Laporan Keuangan Konsolidasi


Pengertian, Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi
Laporan keuangan konsolidasi yaitu laporan yang menyajikan hasil keuangan antara perusahaan induk dan perusahaan anak, laporan keuangan konsolidasi disajikan oleh perusahaan induk. Perusahaan yang memiliki kepemilikan (membeli)  saham lebih besar itulah yang bertindak sebagai perusahaan induk, sedangkan perusahaan anak memiliki kepemilikan saham lebih kecil dari pada perusahaan induk.
Tujuan Laporan Keuangan Konsolidasi, yaitu memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan. dan harus didasarkan pada substansi atas peristiwa ekonomi yang nyata.
Manfaat laporan keuangan konsolidasi : Memberikan gambaran yang jelas tentang sumber daya perusahaan yang dikelola. Memberikan informasi terkini bagi pihak manajemen induk perusahaan tentang operasi gabungan.

Metode pembuatan laporan keuangan konsolidasi
1.     Konsolidasi  dengan Metode Ekuitas
Perusahaan induk dan anak bergabung menjadi satu perusahaan, perubahan yang terjadi didalam hak-hak pemegang saham pada Perusahaan anak harus diakui dan dicatat oleh Perusahaan induk , untuk dapat mengikuti dan melaporkan posisi keuangan dan perkembangan usahanya secara lengkap.
2.     Konsolidasi dengan Metode Biaya
Investasi  saham pada perusahaan anak dicatat, sedangkan rugi atau laba pada perusahaan anak tidak dicatat. Hanya deviden atas saham yang telah dibagikan oleh anak perusahaan diakui sebagai pendapatan oleh perusahaan induk.

Prosedur dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi
·        Mengeliminasi rekening nilai jurnal timbal balik yang dicatat oleh kedua pihak pada suatu transaksi yang sama.
·        Menyusun kertas kerja untuk laporan keuangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar