Senin, 31 Maret 2014

Konsep Akuntansi dari Penggabungan Usaha dan Akuntansi untuk Investasi Dalam saham


Penggabungan usaha yaitu dua perusahaan atau lebih yang bergabung untuk membentuk suatu perusahaan baru untuk memperoleh tujuan tertentu.
A.   Metode akuntansi yang digunakan dalam Penggabungan usaha
1.   Metode Penyatuan Kepemilikan yaitu masing-masing perusahaan yang bergabung memiliki asset, laba dll itu semua menjadi  satu kesatuan dan secara relatif tetap tidak berubah pada entitas akuntansi yang baru atau perusahaan yang baru.
2.   Metode Pembeliaan yaitu jika suatu perusahaan memperoleh aktiva bersih dari perusahaan lain yang bergabung.

B.   Akuntansi Investasi Saham
Arti dari Investasi saham itu sendiri yaitu suatu perusahaan memiliki saham di perusahaan lain. Jika suatu perusahaan memiliki Investasi saham dalam jumlah yang signifikan maka perusahaan tersebut memiliki pengaruh yang besar untuk menentukan kebijakan (pengendalian) perusahaan. Jika perusahaan menggeluarkan 1 jenis saham maka perusahaan tersebut menggunakan Cost Method, sedangkan jika perusahaan mengeluarkan 2 atau lebih jenis saham maka menggunakan Konsolidasi

C.   Metode Penilaiaan Investasi
1.   Metode Biaya digunakan apabila investasi dicatat sebesar biaya perolehan. Kepemilikan kurang dari 20% dapat menggunakan metode biaya.
2.   Metode Ekuitas digunakan apabila pemerintah mencatat investasi awal sebesar biaya perolehan lalu ditambah ataupun dikurangi sebesar bagian laba / rugi pemerintah setelah tanggal perolehan. Kepemilikikan 20% s/d 50%, atau kepemilikan kurang dari 20% tapi memiliki pengaruh signifikan.
3.   Metode Nilai Bersih yang dapat direalisasikan digunakan terutama untuk kepemilikan saham yang akan dilepas / dijual dalam jangka waktu dekat kepada perusahaan lain. Kepemilikan bersifat tidak tetap (nonpermanent) menggunakan metode nilai bersih yang direalisasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar